Skip to main content

Deretan Teknologi Mutakhir di Film yang Menjadi Kenyataan

 

Hai sobat blog…

Kemajuan zaman tentu akan mempengaruhi perkembangan teknologi. Banyak ilmuwan yang berlomba-lomba menciptakan teknologi mutakhir agar bisa memudahkan manusia.

Sebagai informasi, teknologi mutakhir adalah teknologi di garis depan pengetahuan. Teknologi mutakhir mengacu pada perangkat teknologi, teknik atau pencapaian yang menggunakan perkembangan TI tingkat tinggi dan terkini.

Seperti dalam dunia perfilman, terdapat beberapa teknologi mutakhir yang akhirnya tercipta di dunia. Nah, film film apa sajakah itu? Berikut deretan teknologi mutakhir di film yang jadi kenyataan di dunia.

Deretan Teknologi Mutakhir di Film yang Jadi Kenyataan

1. Hologram pada film Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

Film yang satu ini bisa dibilang cukup tua dan sudah jarang ditampilkan dilayar kaca, namun pengaruh yang dimilikinya masih melekat erat di hati para penggemar hingga saat ini.

Ya, film pertama dari franchise Star Wars ini sekaligus mengawali kesuksesan dari kesepuluh sekuelnya yang merupakan karya garapan George Lucas.

Di salah satu adegannya, terdapat momen ketika sebuah robot bernama R2D2 mentransmisikan sebuah pesan rahasia dari seorang putri bernama Leia.

Pesan ini ditampilkan dalam format video berbentuk holografik untuk meningkatkan efektifitas serta tingkat kerahasiaan dari pesan tersebut.

Selang empat dekade, teknologi itu ternyata sudah dapat direalisasikan. Terobosan dengan sebutan volumetric display yang sudah mulai banyak dikembangkan oleh perusahaan teknologi ini sedang giat diteliti meski penggunaannya baru sebatas dalam bidang pendidikan, perusahaan dan kemiliteran.

2. Self-Driving Cars pada film Total Recall (1990)

Teknologi mobil berkendara sendiri pernah diperkenalkan dalam film berjudul Total Recall pada 1990 lalu. Teknologi ini disematkan pada sebuah taksi bernama Johnny Cab.

Saat Arnold Schwarzenegger menaiki mobil tersebut, dirinya disapa oleh sebuah robot dan menanyakan tujuan perginya. Teknologi ini sudah di realisasikan, bahkan tanpa sebuah robot di bagian kemudi.

Salah satu perusahaan ternama, GM Cruise telah membuat teknologi tersebut. Namun, teknologi ini hanya bisa digunakan di jalan bebas hambatan. Tapi harus tetap diawasi oleh manusia ya.

Karena jika terdapat jalan yang belum dipetakan, teknologi GM ini harus dikendalikan secara manual. Hingga saat ini, teknologi mobil berkendara sendiri masih terus disempurnakan oleh Tesla dan beberapa perusahaan dari Jepang.

3. iPad pada film A Space Odyssey (2001)

Untuk teknologi iPad, rasanya sangat sulit untuk menebak film mana yang pertama kali mengkonsepkan sebuah alat canggih layaknya komputer namun hanya berbentuk kotak atau persegi panjang yang dipenuhi layar itu.

A Space Odyssey adalah salah satu film yang telah memprediksi teknologi iPad. Ada banyak gadget futuristik yang ditampilkan oleh sutradara film, Stanley Kubrick di film fiksi ilmiah ini.

Namun, kebanyakan dari gadget futuristik yang muncul di film ini belum terwujud, kecuali satu, astronot utama dalam film ini terlihat menggunakan komputer tablet alias ipad saat melakukan pemeriksaan diagnostik pada pesawat ruang angkasa mereka.

Hal ini juga sangat menarik, karena faktanya, Stanley Kubrick sangat akurat memprediksi periode waktu ketika komputer tablet diciptakan dan mulai digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diketahui, bahwa IPad pertama muncul ke pasaran pada tahun 2010, tepat sembilan tahun setelah film tersebut dirilis.

4. Video Call pada film A Space Odyssey (2001)

Masih dengan film A Space Odyssey. Dalam filmnya, mereka menampilkan percakapan melalui video atau kini sering disebut dengan Video Call (VC). Yang menjadi pembedanya adalah alat yang digunakan untuk melakukannya.

Dalam film terlihat alat yang digunakan sangat besar. Sebelum melakukan panggilan video, harus memasukkan sebuah kartu kemudian menekan nomor tujuan.

Dengan pesatnya teknologi yang berkembang saat ini, VC menjadi lebih mudah. Kita bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun. Bahkan, kita sudah bisa melakukan VC lebih dari satu orang.

5. Komputer Touchscreen pada film Star Trek: The Next Generation (1987)

Ketika film Star Trek: The Next Generation tayang perdana pada tahun 1987, sebagian besar orang saat itu masih menggunakan komputer jenis Commodore 64, dan banyak orang yang belum mengetahui apa itu internet.

Saat itu terbilang cukup aneh ketika salah satu adegan di film Star Trek: The Next Generatiom terlihat seseorang mengendarai kapal luar angkasa dengan menggunakan komputer touchscreen.

Namun, pencipta dan penulis film Star Trek, Gene Roddenberry menggambarkan adegan di mana pemeran filmnya menggunakan komputer touchscreen secara baik dan benar seperti kebanyakaan orang saat ini.

Logikanya, saat itu teknologi tak secanggih sekarang, namun saat itu ia mampu memberi gambaran penggunaan komputer touchscreen dengan sangat baik. Benar-benar pemikiran yang melampaui zaman.

Wah, ternyata banyak juga ya film yang mengandung ide-ide teknologi mutakhir yang berakhir muncul ke dunia. Kamu suka yang mana nih?

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal 4 Teknologi Canggih Untuk Kecantikan di Masa Depan

Perkembangan teknologi tidak hanya   berpengaruh pada gadget yang kita gunakan, tapi juga peralatan kesehatan bahkan kecantikan. Jika dulu, para perempuan mengandakan bahan alami seperti buah dan madu untuk perawatan kecantikan, kini dan untuk kedepannya fungsi tersebut digantikan oleh beragam teknologi canggih yang bisa kamu temukan di rumah sakit atau klinik kecantikan tertentu. Dengan teknologi yang semakin canggih, maka perawatan kecantikan pun semakin baik dan pastinya lebih memudahkan kita. Tekonologi tersebut dibuat secara khusus guna memenuhi kebutuhan perawatan kulit wanita. Biasanya, teknologi digunakan untuk mengencangkan kulit wajah serta menghindari penuaan yang muncul di kulit dan masih banyak lagi. Teknologi perawatan kecantikan memiliki kelebihan maupun kekurangan. Untuk kelebihannya, biasanya hasil yang ditunjukkan dapat dinikmati secara instan. Namun, kamu harus membayar biaya yang cukup mahal untuk perawatan tersebut. Belum lagi sejumlah risiko efek samping yan

4 Alat Canggih Ini Terinspirasi Dari Kantong Ajaib Doraemon, Keren!

Siapa sih disini yang tidak tahu dengan film kartun asal Jepang, Doraemon? Kartun yang dikemas dengan pemilihan animasi yang lucu serta alur ceritanya yang menarik memang membuat kartun ini banyak sekali digemari oleh semua kalangan masyarakat. Doraemon merupakan sebuah karakter kucing yang ada didunia kartun yang dikenal dengan sifatnya yang sangat penakut dengan hewan pengerat, seperti tikus. Namun, dibalik sisi penakutnya akan makhluk tersebut, ternyata Doraemon merupakan sosok mesin yang ditangkan dari masa depan dan dilengkapi oleh sebuah kantong ajaib yang dapat mengeluarkan barang-barang yang tidak biasa dan juga sangat canggih tentunya. Adam begitu banyak jenis barang yang dapat dilkeluarkan memalaui kantong ajaib milik doraemon ini. Nah, dari beberapa barang yg pernah dikeluarkan, ternyata beberapa diantaranya sempat menarik perhatian para ilmuan dan mencoba untuk merealisasikannya kedalam bentuk yang nyata. Nah, berikut ini beberapa alat canggih yang terinspirasi da

Teknologi Canggih untuk Kesehatan di Masa Depan

  Pada masa depan dunia kesehatan tentu tidak akan lepas dari kecanggihan teknologi. Kemajuan yang semakin pesat berdampak juga pada kesehatan manusia dan wisatanya . Perkembangan teknologi ini sangat membantu para tenaga medis dan praktis untuk kesehatan membangun ilmu lebih baik. Lantas, apa teknologi canggih di masa depan untuk dunia kesehatan? Berikut kami telah menyiapkan informasi teknologi kesehatan untuk Anda. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 1. Artificial Intelligence Teknologi canggih untuk kesehatan di masa depan yang pertama adalah Artificial Intelligence adalah satu teknologi yang berperan untuk mendesain ulang dalam perawatan yang sudah ada. Algoritma Al ini memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan dan bantuan medis secara cepat dan tepat. 2. Virtual Reality Virtual Reality (VR) adalah salah satu teknologi yang hadir dalam lingkungan secara real dalam bidang kesehatan. VR ini dimanfaatkan sebagai alat simulasi operasi untuk para calondokter baru dan menentuk