Skip to main content

Mengenal Nanobot dan Dampaknya bagi Kehidupan

 


Di ulasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai dampak dan pengaruh dari salah satu teknologi masa depan, yakni nanobot. Apa itu nanobot? Simak ulasan kami di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Di era modern saat ini, ada banyak sekali teknologi-teknologi canggih yang sudah diciptakan untuk membantu perkembangan dunia. Salah satunya adalah dengan terciptanya nanobot. Apa itu nanobot?

Pengertian Nanobot

Nanobot adalah sebuah teknologi yang dirancang dalam dunia kesehatan untuk membawa obat dalam jumlah yang kecil namun dilepaskan di sumber masalahannya. Biasanya nanobot akan dilepaskan kepada pasien yang mengidap penyakit kanker, penyumbatan pembuluh darah, dan batu ginjal.

Cara kerja dari nanobot sendiri adalah, dengan ukurannya yang kecil nanobot dapat membersihkan lemak yang menyumbat pembuluh darah dan memungkinkan pasien bisa sembuh tanpa perlu melakukan bedah atau memotong pembuluh darah.

Selain itu, nanobot juga mampu bekerja dengan menggunakan teknologi tambahan yang diprogram khusus untuk dibawa oleh nanobot. Contohnya dengan menggunakan teknologi ultrasound yang dapat menghancurkan batu ginjal.

Tidak hanya itu, nanobot juga dapat dinavigasi dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang biasa digunakan untuk memeriksa organ tubuh menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio. Navigasi ini sendiri kemungkinan sudah dibenarkan oleh salah satu grup riset dari Ecole Polytechnique de Montreal, Prancis.

Dalam membasmi sel kanker, nanobot bekerja dengan menyetrum atau menyinari sel kanker hingga mati. Namun, hal ini cukup sulit dilakukan karena cara ini tidak menjamin bahwa nanobot tidak akan melukai sel organ sehat yang ada disekitar sel kanker tersebut.

Artinya, selain berdampak baik bagi dunia kesehatan ternyata nanobot juga dinilai bisa berdampak buruk. Hal itu terjadi jika keunggulan dari nanobot ini disalah gunakan atau dijadikan sebagai senjata nanobot.

Mengapa demikian? Nanobot dapat bekerja dengan cara mereplikasi diri secara virtual dan tidak bisa dihancurkan. Bahkan, nanobot tidak dapat dibom, ditangkap, atau ditembak sekalipun.

Di dalam tubuh manusia sendiri, nanobot dapat bekerja sebagai penyembuh sel-sel organ tubuh dan perusak sel-sel organ tubuh. Namun, para peneliti menilai bahwa nanobot lebih cepat merusak sel-sel organ tubuh manusia dari pada memperbaikinya.

Hal ini tentunya bisa menjadi boomerang untuk manusia karena nanobot dinilai akan lebih mudah untuk menghancurkan sesuatu daripada memperbaikinya. Tidak hanya itu, karena dianggap lebih mudah untuk menghancurkan, nanobot juga diperkirakan dapat menghancurkan dunia dengan kemampuan replikasi dirinya secara virtual.

Perkiraan inilah yang menjadikan banyak orang terus melakukan perkembangan terkait teknologi canggih yang satu ini dan tidak menggunakannya secara asal-asalan. Karena jika nanobot disalah gunakan, dampak negatifnya sangat besar dan cukup sulit untuk diatasi.

Oleh karena itu, para pakar menghimbau agar penggunaan nanobot ini dapat sesuai prosedur untuk menghindari penyalahgunaan.

Demikianlah ulasan kami mengenai nanobot, semoga ulasan kami dapat membantu dan selamat membaca!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal 4 Teknologi Canggih Untuk Kecantikan di Masa Depan

Perkembangan teknologi tidak hanya   berpengaruh pada gadget yang kita gunakan, tapi juga peralatan kesehatan bahkan kecantikan. Jika dulu, para perempuan mengandakan bahan alami seperti buah dan madu untuk perawatan kecantikan, kini dan untuk kedepannya fungsi tersebut digantikan oleh beragam teknologi canggih yang bisa kamu temukan di rumah sakit atau klinik kecantikan tertentu. Dengan teknologi yang semakin canggih, maka perawatan kecantikan pun semakin baik dan pastinya lebih memudahkan kita. Tekonologi tersebut dibuat secara khusus guna memenuhi kebutuhan perawatan kulit wanita. Biasanya, teknologi digunakan untuk mengencangkan kulit wajah serta menghindari penuaan yang muncul di kulit dan masih banyak lagi. Teknologi perawatan kecantikan memiliki kelebihan maupun kekurangan. Untuk kelebihannya, biasanya hasil yang ditunjukkan dapat dinikmati secara instan. Namun, kamu harus membayar biaya yang cukup mahal untuk perawatan tersebut. Belum lagi sejumlah risiko efek samping yan

4 Alat Canggih Ini Terinspirasi Dari Kantong Ajaib Doraemon, Keren!

Siapa sih disini yang tidak tahu dengan film kartun asal Jepang, Doraemon? Kartun yang dikemas dengan pemilihan animasi yang lucu serta alur ceritanya yang menarik memang membuat kartun ini banyak sekali digemari oleh semua kalangan masyarakat. Doraemon merupakan sebuah karakter kucing yang ada didunia kartun yang dikenal dengan sifatnya yang sangat penakut dengan hewan pengerat, seperti tikus. Namun, dibalik sisi penakutnya akan makhluk tersebut, ternyata Doraemon merupakan sosok mesin yang ditangkan dari masa depan dan dilengkapi oleh sebuah kantong ajaib yang dapat mengeluarkan barang-barang yang tidak biasa dan juga sangat canggih tentunya. Adam begitu banyak jenis barang yang dapat dilkeluarkan memalaui kantong ajaib milik doraemon ini. Nah, dari beberapa barang yg pernah dikeluarkan, ternyata beberapa diantaranya sempat menarik perhatian para ilmuan dan mencoba untuk merealisasikannya kedalam bentuk yang nyata. Nah, berikut ini beberapa alat canggih yang terinspirasi da

Teknologi Canggih untuk Kesehatan di Masa Depan

  Pada masa depan dunia kesehatan tentu tidak akan lepas dari kecanggihan teknologi. Kemajuan yang semakin pesat berdampak juga pada kesehatan manusia dan wisatanya . Perkembangan teknologi ini sangat membantu para tenaga medis dan praktis untuk kesehatan membangun ilmu lebih baik. Lantas, apa teknologi canggih di masa depan untuk dunia kesehatan? Berikut kami telah menyiapkan informasi teknologi kesehatan untuk Anda. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 1. Artificial Intelligence Teknologi canggih untuk kesehatan di masa depan yang pertama adalah Artificial Intelligence adalah satu teknologi yang berperan untuk mendesain ulang dalam perawatan yang sudah ada. Algoritma Al ini memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan dan bantuan medis secara cepat dan tepat. 2. Virtual Reality Virtual Reality (VR) adalah salah satu teknologi yang hadir dalam lingkungan secara real dalam bidang kesehatan. VR ini dimanfaatkan sebagai alat simulasi operasi untuk para calondokter baru dan menentuk